Cara Instalasi Aplikasi dan Petunjuk Pengisian PMP 2018

Cara Instalasi Aplikasi dan Petunjuk Pengisian PMP 2018, Cara Instalasi PMP 2018

Cara Instalasi Aplikasi dan Petunjuk Pengisian PMP 2018 Versi 2018.04
  1. Pastikan Komputer PC/Laptop sudah terinstal Aplikasi Dapodik sebelumnya dengan versi yang terbaru (V2018).
    Jika belum, simak pada Tautan Unduhan Aplikasi Dapodik Versi 2018.b
  2. Unduh Installer Aplikasi PMP Versi 2018.04.
    Pada tautan sumber berikut : Tautan Unduhan Aplikasi PMP Versi 2018.04, atau Pada tautan yang sudah admin unduh sebelumnya : Unduh PMP 2018 Versi 2018.04
  3. Setelah melakukan unduhan, pindah atau simpan di folder tertentu yang sudah anda siapkan sebelumnya, atau langsung dengan melakukan klik kanan tepat pada aplikasi tersebut dengan memilih Run as administrator.
  4. Setelah melakukan instalasi Aplikasi PMP 2018 Versi 2018.04.
    Silahkan Anda tunggu sejenak, sebagaimana gambar berikut:
  5. Setelah Aplikasi terinstal dan terhubung dengan Aplikasi Dapodik, langkah selanjutnya adalah dengan mengisikan: User dan Pass Akun Dapodik. Kemudian tekan Masuk Aplikasi 
  6. Setelah berhasil login dengan User dan Pass Akun Dapodik. Terdapat tampilan Beranda sebagaimana gambar berikut.
  7. Untuk Pengisian Kuesioner Kepala Sekolah menggunakan login dengan User dan Pass Akun Dapodik, dengan melakukan pengisian sesuai dengan masing-masing Instrumen, meliputi: Hasil Belajar, Isi Pendidikan, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Pengelolaan Pendidikan, Sarana dan Prasarana.
    Masing-masing instrumen pada setiap pertanyaan dapat di isi dengan menyesuaikan pemilihan, baik itu berupa radio buttom atau dengan melakukan cheklis pada Checkbox.
    Apabila Kuesioner Kepala Sekolah sudah terisi, maka dapat melihat hasil tersebut pada Konfirmasi Selesai
  8. Untuk meliht hasil Verifikasi keseluruhan Responden dari tiap-tiap kuesioner, dapat dilihat dari Tab Verifikasi yang meliputi: Kepala Sekolah, PTK, Peserta Didik, Pengawas, dan Komite.
  9. Jika Responden sudah melakukan pengisian sesuai dengan yang dibutuhkan, maka Admin dapat melakukan pengiriman Data dengan mengklik tombol Kirim Data.
    Untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan setelah masing-masing Responden mengisikan Kuesioner sesuai dengan yang dibutuhkan, Admin dapat melakukan Proses Backup atau Restore Data.
  10. Hal terpenting pada Manajemen Pengguna yakni untuk:
    - Melakukan penambahan Data Responden.
    - Melakukan Salin Peserta Didik atau PTK yang terintegrasi pada Aplikasi Dapodik.
    - Melakukan tukar pengguna sesuai dengan Responden yang di inginkan.
  11. Tukar Pengguna dilakukan untuk memilih Responden yang akan melakukan pengisian kuesioner, meliputi Tukar Pengguna PTK atau Tukar Pengguna Peserta Didik yang hendak melakukan pengisian.
  12. Untuk melakukan Pengisian Pengawas dan Komite Sekolah, maka Admin akan melakukan penambahan Responden sesuai dengan masing-masing peran sebagaimana pada point 10.
    Apa saja yang akan di isikan pada Tambah Pengguna, simak gambar berikut:
  13. Untuk mengetahui Instrumen apa saja yang akan di isikan oleh masing-masing responden, silahkan Admin menuju Pusat Unduhan untuk mengunduh sesuai jenjang dan apa saja yang akan di isikan oleh responden.
    Sebagai saran, hasil pengisian instrumen yang telah di isikan oleh responden, dapat dijadikan sebagai arsip tahunan lembaga jenjang satuan pendidikan.
Simak Sebelumnya:

Baca Selanjutnya :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget