Verval Statistik Pendidikan Jenjang SD/SMP/SMA/SMK

Verval Statistik Pendidikan, Verval, Pendidikan, Statistik

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) sebagai pengelola data dan statistik pendidikan dan kebudayaan di tingkat kementerian menyajikan sistem informasi verifikasi dan validasi data statistik pendidikan dengan alamat http://vervalstat. data.kemdikbud.go.id. 

Tujuan dibangunnya sistem informasi ini agar setiap pengelola data baik di tingkat pusat, dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota maupun sekolah dapat melakukan verifikasi dan validasi sesuai dengan kewenangannya masing-masing. 

Yang membedakan tabel-tabel pada Verval Statistik dengan Statistik Publikasi adalah pada Verval Statistik terdapat kolom Residu pada beberapa tabel (data yang perlu diverifikasi-validasi di satuan pendidikan bersangkutan, untuk mengupdate data melalui mekanisme Dapodik.) 

Panduan ini merupakan buku petunjuk bagi pengelola data agar mudah dalam proses verifikasi dan validasi dengan menggunakan sistem informasi yang telah dikembangkan oleh PDSPK. Data-data yang disajikan pada sistem informasi ini merupakan data berjalan (belum melalui proses cutoff) yang meliputi data sekolah, pendaftar, siswa baru, siswa, mengulang, lulusan, guru(termasuk kepala sekolah), rombongan belajar, ruang kelas, dan fasilitas sekolah. Data disajikan dalam bentuk rangkuman nasional, provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan dan sekolah. Tabel-tabel statistik dalam informasi ini terdiri dari 4 jenjang yaitu SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. 

Download Verval Statistik Pendidikan Jenjang SD/SMP/SMA/SMK

Semoga panduan diatas sesuai dengan apa yang di informasikan oleh Admin Verval Statistik Pendidikan bermanfaat bagi kita semua selaku Operator atau Tenaga Administrasi Sekolah yang terdaftar sebagai pengelola pendidikan pada sdm.data.kemdikbud. go.id untuk menghasilkan data statistik yang akurat dalam mendukung kebijakan pendidikan.

Cutoff Statistik akhir tahun ajaran 2017/2018 : 30 april 2018

Tabel-tabel Statistik Satuan Pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK merupakan Data Verifikasi/Data Dinamis/Data berjalan sesuai update yang dilakukan oleh sekolah melalui mekanisme Pengelolaan Data Pendidikan (Dapodik). Data yang disajikan dalam statistik ini meliputi sekolah, pendaftar, siswa baru, siswa, mengulang, lulusan, kepala sekolah, guru, rombongan belajar, dan ruang kelas, disajikan dalam bentuk rangkuman nasional, provinsi, kabupaten / kota, dan sekolah.

Tabel-tabel yang disajikan dalam statistik ini disusun berdasarkan hasil pengumpulan data yang dilakukan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui mekanisme sinkronisasi oleh setiap sekolah, selanjutnya diintegrasi dan dikompilasi di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, Sekretaris Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Didalam proses kompilasi diperlukan Verifikasi dengan unit-unit terkait untuk memastikan validitas data, yang selanjutnya menjadi Data Statistik Nasional.

Didalam proses pengelolaan data pendidikan (DAPODIK), yang memiliki fungsi update data hanya Satuan Pendidikan masing-masing, maka dari itu perlu adanya mekanisme koordinasi untuk verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh Pusat (termasuk LPMP), Provinsi, Kab-Kota dalam rangka memastikan validitas data, sebelum menjadi angka Nasional.

Dalam tahap verifikasi dan validasi Statistik Pendidikan hanya dapat diakses oleh pegelola Dapodik di Pusat, Provinsi dan Kab-Kota, yang terdaftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Sedangkan data yang sudah Publish (cutoff), dapat di akses di http://statistik.data.kemdikbud.go.id/

Sebagai Catatan: Login ini hanya teruntuk Admin Dinas Pendidikan yang terdaftar di SDM bisa login kecuali ops

Reactions:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget