Petunjuk Teknis O2SN-XI SD 2018

Petunjuk Teknis O2SN-XI SD 2018, Juknis, Juknis O2SN SD

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar atau yang lebih kita kenal dengan O2SN-SD, merupakan sarana yang tepat dan berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar, baik belajar bekerjasama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai untuk bersikap adil dalam bermain di setiap pertandingan atau perlomban.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar ke-XI Tahun 2018 (O2SN-XI SD 2018) yang rencananya akan diselenggarakan di Kota Yogyakarta, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 16 s.d 22 September 2018 dengan tema "Membangun Karakter Unggul Melalui Kegiatan Olahraga Pendidikan".

Tujuan O2SN-SD 2018
  1. Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga.
  2. Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Nasional maupun Internasional.
  3. Mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung-jawab.
  4. Menumbuhkembangkan Nasionalisme dan Cinta Tanah Air.
  5. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik sekolah dasar seluruh Indonesia.
Cabang Olahraga O2SN-SD 2018
  1. Atletik (Kid's Athletics).
  2. Senam.
  3. Renang.
  4. Bulutangkis.
  5. Pencak Silat.
  6. Karate.
Mekanisme Persyaratan Peserta Olahraga O2SN-SD 2018
Peserta O2SN-SD 2018 yang wajib dikirim memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta O2SN-SD 2018 adalah siswa SD/MI dan atau yang sederajat.
  3. Siswa yang pada tahun pelajaran 2018/2019 masih duduk di SD/MI dan atau yang sederajat dan dilahirkan tanggal 1 Januari 2006 atau sesudahnya, dibutikan dengan raport asli, akta lahir asli, dan kartu keluarga (KK) beserta fotokopinya yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan.
  4. Pelaksanaan seleksi daerah Siswa Kelas VI tahun pelajaran 2017/2018 tidak diikutsertakan.
  5. Perwakilan tingkat provinsi merupakan atlet terbaik hasil seleksi peserta tingkat provinsi, dibuktikan dengan surat keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  6. Belum pernah menjadi juara 1, 2, dan 3 pada O2SN-SD tahun sebelumnya
  7. Belum pernah juara 1, 2, dan 3 pertandingan atau perlombaan tingkat Internasional.
  8. Memenuhi persyaratan peserta sebagaimana diatur pada ketentuan khusus masing-masing cabang olahraga.
  9. Apabila peserta yang dikirim tidak memenuhi ketentuan sebagai mana yang dimaksud, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti O2SN-SD 2018.
Mekanisme Seleksi Peserta Olahraga O2SN-SD 2018
Seleksi peserta O2SD-SD 2018 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi. Seleksi dilaksanakan oleh UPT Kecamatan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan Provinsi berkoordinasi dengan Pengurus Kabupaten/Kota atau Pengurus Provinsi atau Pengurus Daerah cabang olahraga.

  1. Tingkat Kecamatan
    O2SN-SD 2018 di tingkat kecamatan dilaksanakan pada minggu pertama bulan April 2018, tuntuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili kecamatan pada tingkat kabupaten/kota.
  2. Tingkat KabupatenKota
    O2SN-SD 2018 di tingkat kabupaten/kota dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei 2018, untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili kecamatan pada tingkat kabupaten/kota.
  3. Tingkat Provinsi
    O2SN-SD 2018 di tingkat provinsi dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli 2018, untuk menentukan atlet terbaik yang akan mewakili provinsi pada tingkat nasional.
Untuk petunjuk lebih lanjut mengenai Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar, selengkapnya simak atau unduh Juknis O2SN SD Tahun 2018

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget