Cek NISN Online dengan Nama Ibu 3 Huruf

NISN, Cek NISN, Cek NISN Online

Tugas dan Wewenang PDSPK

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa PDSPK atau Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan dalam melaksanakan tugas pengelolaan data pendidikan berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. Permendikbud yang dimaksud tertuang pada No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kelola Kerja Kemendikbud pada Pasal 806 dan Permendikbud No. 79 Tahun 2015 tentang Dapodik pada Pasal 11.

Salah satu tugas dan wewenang PDSPK atau Pusat Data dan Statistik Pendidikan Dan Kebudayaan adalah menerbitkan dan mengelola data referensi pendidikan, dalam hal ini yang berkaitan penting bagi siswa adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). 

Nomor Induk Siswa Nasional

Nomor Induk Siswa Nasional adalah adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA di setiap sekolah dan memiliki sifat permanen alias angka tersebut tidak berubah dari jenjang pendidikan SD hingga SMA. Nomor Induk Siswa Nasional biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran peserta didik baru.

Ciri umum Nomor Induk Siswa Nasional ini terdiri dari sepuluh angka unik yang selalu diawali tiga angka yang merupakan tahun kelahiran siswa tersebut.

Penelusuran NISN Online

Penelusuran Nomor Induk Siswa Nasional secara online pada nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasarkan Nama. Untuk :
  • Pencarian Berdasarkan NISN
    Yaitu dengan memasukkan NISN Siswa dan memasukkan Nama Ibu Kandung.
  • Pencarian Berdasarkan Nama
    Yaitu dengan memasukkan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu.

Cek NISN Online dengan Nama Ibu 3 Huruf

Cek NISN Online dengan Nama Ibu 3 Huruf
Dari hasil di atas masih umum dilakukan proses penelusuran Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) jika nama ibu terkait minimal 4 (empat) digit nama, namun bagaimana dengan nama Ibu yang hanya 3 (tiga) digit atau huruf saja?

Menurut informasi yang ada dan yang sudah disampaikan oleh salah satu Admin PDSPK terkait Cek NISN Online dengan Nama Ibu 3 Huruf, hal tersebut masih dapat dilakukan proses penelusuran meski nama Ibu hanya 3 huruf saja, yaitu dengan menambah % (persen) pada huruf akhir. Semisal Ely, maka penulisan pada penelusurannya dengan menambah %, jadinya sebagai berikut: Ely%.

Semoga dengan adanya informasi ini terkait Cek NISN Online dengan Nama Ibu 3 Huruf, dapat menambah wawasan Operator Sekolah dalam melakukan proses penelusuran atau pencetakan berupa file pdf, mengingat pentingnya data NISN ini sering digunakan dalam keterkaitan berbagai macam proses pendataan.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget