Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD - Permendikbud No. 4 Tahun 2019

Juknis DAK, Permendikbud No. 4 Tahun 2019, BOP PAUD

Tentang DAK Nonfisik

Dana Alokasi Khusus Nonfisik adalah dana yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus nonfisik yang merupakan urusan daerah.

Tentang BOP PAUD

Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia bagi satuan pendidikan anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan anak usia dini dan satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini untuk mendukung kegiatan operasional pendidikan.

Jadi DAK Nonfisik BOP PAUD adalah Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini yang dialokasikan dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional nonpersonalia bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini.

2 Tujuan Utama DAK Nonfisik BOP PAUD

Tujuan pemberian Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini untuk:
  1. Membantu penyediaan biaya operasional nonpersonalia bagi anak usia dini yang diberikan kepada satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD; dan
  2. Meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua dalam upaya mengikutsertakan anaknya pada layanan PAUD berkualitas di satuan pendidikan penyelenggara program PAUD.
Permendikbud No. 4 Tahun 2019

Besaran Dana Alokasi Khusus

Besaran DAK Nonfisik BOP PAUD dari pemerintah pusat ke Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dan pemerintah kabupaten/kota untuk satuan biaya BOP PAUD sebesar Rp 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) perpeserta didik pertahun. Sasaran program DAK Nonfisik BOP PAUD merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan PAUD dengan peserta didik yang terdata dalam data pokok pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat. Sasaran DAK Nonfisik BOP PAUD tidak berlaku bagi anak usia dini yang terlayani di satuan pendidikan penyelenggara PAUD atas dasar kerja sama dengan lembaga pendidikan asing Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).

"Baca Juga: Juknis BOS Reguler 2019"

4 Syarat Utama Penerima DAK Nonfisik BOP PAUD

Dalam Isi Lampiran Permendikbud No. 4 Tahun 2019, terdapat Persyaratan Penerima DAK Nonfisik BOP PAUD. Persyaratan satuan pendidikan penyelenggara PAUD penerima bantuan DAK Nonfisik BOP PAUD sebagai berikut.
  1. Memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN);
  2. Memiliki peserta didik berjumlah minimal 12 orang yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) PAUD dan Dikmas;
  3. Memiliki rekening yang digunakan atas nama Satuan Pendidikan Penyelenggara PAUD; dan
  4. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
"Baca Juga: Permendikbud No. 3 Tahun 2019"

Unduh Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD dan Lampiran Permendikbud No. 4 Tahun 2019

Dengan adanya Permendikbud No. 4 Tahun 2019 tentang Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD, dapat mewujudkan perencanaan, pengelolaan, pertanggung-jawaban dan pelaporan serta akuntabilitas penggunaan dana BOP PAUD agar tepat sasaran dan tepat waktu serta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan acuan semua pihak dalam pemanfaatan Bantuan Operasional Penyelenggaraan PAUD.

Simak Permendikbud No. 4 Tahun 2019

Unduh Permendikbud No. 4 Tahun 2019

Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget