BUKU PANDUAN RKAS DIKDASMEN 2019

Dapodikdas, Buku Panduan, RKAS, 2019

Tentang RKAS DIKDASMEN 2019

Tahun ini pada 2019 semester genap Dirjen Dikdas tengah meluncurkan Aplikasi RKAS secara Elektronik. Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian.

Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah.

Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan sistem yang terpusat (terdistribusi), dimana dalam pengolahan datanya ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten. Namun demikian sistem ini juga dapat bekerja secara offline, sehingga tidak merepotkan para user yang menggunakannya.

Sambil menunggu informasi lebih lanjut tentang RKAS DIKDASMEN 2019 dimasing-masing Kabupaten atau Kota, alangkah baiknya jika Operator atau Admin Sekolah mempersiapkan sedini mungkin tahapan-tahapannya pada BUKU PANDUAN RKAS DIKDASMEN 2019 dengan cara mengunduh buku panduan tersebut.

RKAS DIKDASMEN 2019
Untuk Informasi lebih lanjut simak sumber berikut: http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Atau simak Buku Panduan RKAS DIKDASMEN 2019


Kode Aktivasi dan Form Aktivasi

RKAS DIKDASMEN 2019
Kode Aktivasi
Sebelum Operator atau Admin Sekolah dapat menggunakan Aplikasi tersebut, ada tahapan terpenting yang harus diterima oleh masing-masing Admin Sekolah, yaitu Pemberian Kode Aktivasi.

Form Aktivasi
Form Aktivasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah agar aplikasi tidak sembarangan digunakan dan harus ada penanggungjawab aplikasi. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data aktivasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan.
Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan:
  1. Kode Aktivasi (wajib diisi)
    kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan terkait.
  2. Nama (wajib diisi)
    Kolom ini diisi oleh nama operator sekolah.
  3. Email (wajib diisi)
    Kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Supaya lebih aman, gunakanlah email sekolah, sehingga ketika terjadi pergantian pegawai atau operator tidak harus mengganti alamat emailnya.
  4. No Handphone
    Kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah.
  5. Password (wajib diisi)
    Kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui.
  6. Ulangi Password (wajib diisi)
    Kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
  7. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).
  8. Tombol Registrasi
    Tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.
Semoga bermanfaat.
Salam Admin Ops Lamongan

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget