Sinkronisasi Dapodikdasmen Akhir Tahun 2018 Sebagai Penerimaan BOS TW 1 2019

Sinkronisasi, Dapodikdas, Dapodikdasmen, BOS, 2018, 2019

Cut Off BOS TW 1 2019

Bulan Desember Tahun 2018 merupakan bulan akhir pendataan dan sebagai langkah awal sinkronisasi sebagai bahan persiapan dalam penerimaan Bantuan Operasional Sekolah di Triwulan 1 untuk bulan Januari sampai dengan Maret tahun 2019. Sebagaimana di informasikan pada laman berita Dapodikdasmen: bahwa akan dilakukan pengambilan data (Cut-off) dari Dapodikdasmen pada tanggal 15 Desember 2018, pelaksanaan sinkronisasi ini dimaksudkan dalam rangka untuk menyiapkan data sebagai dasar alokasi dana BOS Triwulan 1 dan waktu penutupan akan dilaksanakan hingga akhir Pukul 23.59 WIB.

Informasi yang disampaikan oleh Admin Dapodikdasmen per-tanggal 5 Desember 2018 diketahui bahwa masih banyak sekolah dengan status partisipasi BOS adalah “menerima” (pada aplikasi Dapodikdasmen menjawab “Ya”), akan tetapi belum melakukan sinkronisasi.

Tahap Pelaksanaan

Untuk itu, langkah-langkah yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh Admin Sekolah sebagai berikut:

  1. Data siswa yang akan terhitung adalah data siswa pada semester 1 (Ganjil) Tahun Ajaran 2018/2019.
  2. Pada saat melakukan installasi dan registrasi Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019, DILARANG menggunakan prefill lama karena dapat menyebabkan data siswa menjadi ganda.
  3. Data Rombongan Belajar harus diisi dengan lengkap dan benar, dan jenis rombel yang dihitung adalah Rombel Kelas/Reguler, Kelas Terbuka, Kelas Jauh/Kecil, sedangkan Rombel teori, Ekskul dan praktek tidak dihitung.
  4. Khususnya untuk SMA dan SMK harus memperhatikan pengisian data program pengajaran/program keahlian/ kompetensi keahlian.
  5. Data Rombongan Belajar harus diisikan WALI KELAS.
  6. Rombongan Belajar harus diisikan lengkap sampai dengan data pembelajaran.
  7. Data siswa lakukan proses verifikasi dan validasi NISN pada layanan vervalpd.data.kemdikbud.go.id pada semua jenjang (untuk saat ini baru SMA yang menjadi prasyarat/diharuskan, dan mulai Tahun 2019 di semua jenjang akan wajib dan menjadi prasyarat).
Khusus Point 4, hal-hal yang harus diperhatikan adalah ketentuan pengisian data program pengajaran/program keahlian/Kompetensi Keahlian untuk SMA dan SMK:
  1. SMA KTSP 2006
    - Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasa
  2. SMA Kurikulum 2013
    - Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
  3. SMK KTSP
    - Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
  4. SMK Kurikulum 2013
    - Kelas X = Program Keahlian
    - Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian

Himbauan

Oleh karena itu segera lakukan  proses sinkronisasi data  pada semester 1 (ganjil) Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan memperhatikan kelengkapan dan kevalidan datanya. Apabila data yang diisikan tidak lengkap maka TIDAK AKAN TERHITUNG untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Demikian sebagaimana yang telah di informasikan, informasi selengkapnya, silahkan kunjungi laman berita Dapodikdasmen.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget