Cara Regristasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan)

Perpustakaan, Regristasi, Nomor, Pokok

Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Perpustakaan Sekolah/Madrasah adalah perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari sekolah/madrasah dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Sekolah/Madrasah wajib memiliki perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan. Standar Nasional Perpustakaan terdiri atas:
  1. Standar koleksi perpustakaan.
  2. Standar sarana dan prasarana.
  3. Standar pelayanan perpustakaan.
  4. Standar tenaga perpustakaan.
  5. Standar penyelenggaraan, dan
  6. Standar pengelolaan.
Masing-masing standar di atas dijadikan acuan dalam penyelenggaraan perpustakaan pada satuan pendidikan sekolah/madrasah, baik negeri maupun swasta.

Pengelolaan perpustakaan sekolah dapat berjalan dengan baik agar dapat mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan, baik kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual. Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat kegiatan pembelajaran, penelitian, kegiatan membaca/literasi, kegiatan literasi informasi, dan kegiatan kreatif, imajinatif, inspiratif dan menyenangkan (rekreatif).


Cara Regristasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan)


Sesuai dengan ketentuan yang ada, setiap perpustaakan diharuskan mendaftarkan diri kepada Perpustakaan Nasional untuk memperoleh Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), untuk itu silahkan Regristasi NPP Baru bagi Perpustakaan Sekolah yang belum mempunyai Nomor Pokok Perpustakaan. (Simak juga Cara Regristasi NPP).

Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada Sekolah, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah dan Swasta  yang sudah mendaftarkan perpustakaan secara online kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan tersebut akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan NPP.

Cara Regristasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan) Baru:
  1. Regristasi NPP Baru, atau klik tautan berikut : Regristasi.
  2. Isi data regristasi.
  3. Bagi yang pertama kali memasukan data via web, daftarkan terlebih dahulu perpustakaan anda untuk mendapatkan user login dan password, dimana user login anda sekaligus merupakan nomor pokok perpustakaan anda.
  4. Catat baik-baik nomor pokok perpustakaan anda dan passwordnya, ini akan dipergunakan untuk updating data anda dikemudian hari.
  5. Tata cara pendaftaran, klik menu registrasi NPP baru, ikuti langkah-langkah selanjutnya sesuai dengan isian yang wajib anda isi, seperti data provinsi, data kabupaten/kota, data kecamatan, jenis perpustakaan dan status perpustakaan.
  6. Untuk mengisi jenis perpustakaan sebaiknya perhatikan pendefinisian masing-masing jenis perpustakaan pada menu ruang lingkup, supaya isian anda benar.
  7. Selanjutnya isilah data-data perpustakaan anda selengkap-lengkapnya, disarankan setiap selesai mengisi satu halaman tekan tombol simpan untuk menyimpan data isian anda, selanjutnya lanjutkan isian ke halaman berikutnya sampai tuntas seluruhnya.

Unduh Petunjuk Pengisian NPP

Petunjuk Pengisian Nomor Pokok Perpustakaan dapat diunduh di tautan berikut: Unduh Cara Regristasi NPP (Nomor Pokok Perpustakaan).
Setelah regristasi berhasil dan mendapat Nomor Pokok Perpustakaan, maka kita juga dapat melihat dan mempelajari Buku Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah, untuk dipelajari sebagai bahan pendukung dalam melaksanakan kegiatan.


Cara Pengisian/Updating Data Bagi Yang Sudah Mempunyai NPP:

  1. Login Nomor Pokok Perpustakaan, atau pada tautan berikut: Login
  2. Masukan user dan password untuk login.
  3. Setelah login berhasil, isilah atau update data perpustakaan anda dengan memilih menu-menu yang ada di menu Data Perpustakaan.
  4. Disarankan untuk melakukan penyimpanan data segera setelah pengisian data selesai dalam setiap menu isian/halaman.
Tujuan Nomor Pokok Perpustakaan:

Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget