Cara Login Rapor PMP Dikdas 2018 Untuk Mengetahui Capaian SNP

Cara Login Rapor PMP Dikdas 2018, Login Rapor PMP, Login Rapor PMP Untuk Mengetahui Capaian SNP

Peningkatan mutu pendidikan tidak akan banyak berarti jika tidak disertai dengan penjaminan mutu pendidikan. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa penjaminan mutu pendidikan merupakan tugas sekolah, sedangkan pemerintah pusat dan daerah bertugas memfasilitasi peningkatan mutu sekolah. Beberapa peraturan pemerintah sebagai turunannya juga mengamanatkan hal yang sama yaitu satuan pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan kebijakan pendidikan baik tingkat kabupaten/kota, tingkat propinsi maupun pusat.

Angka partisipasi kasar (APK) untuk SD sudah mencapai 115,88% dan angka partisipasi murni (APM) mencapai 95,71%. Sementara untuk tingkat SMP APKnya sudah mencapai 100,16% namun APM 78,43%. Untuk pendidikan menengah memang belum sebaik pendidikan dasar, namun dapat dikatakan cukup baik. APKnya menunjukkan angka 78,19% dan APMnya 58,25%. Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan di sekolah akan memastikan bahwa pengelolaan sekolah, proses pembelajaran dan program-program lainnya dijalankan dengan standar mutu tertentu.


Berdasarkan hasil pemantauan, sebagian besar sekolah baik di tingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah belum melaksanakan penjaminan mutu baik untuk pengelolaan maupun untuk pembelajaran. Belum dilaksanakannya penjaminan mutu pendidikan ini disebabkan oleh masih lemahnya pemahaman/kesadaran sekolah tentang pentingnya mutu pendidikan yang sedang mereka jalankan. Mutu pendidikan ini mencakup:
  1. Mutu pengelolaan sekolah
  2. Mutu pembelajaran yang dilaksanakan
  3. Mutu proses pembentukan karakter peserta didik

Peningkatan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah bersama-sama memiliki budaya mutu. Untuk itu dibutuhkan program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).

Cara Login Rapor PMP Dikdas 2018 Untuk Mengetahui Capaian SNP
Untuk mengetahui hasil pengisian dan proses pengiriman dari masing komponen sekolah di masing-masing satuan pendidikan, Admin dapat mengetahui hasil pengiriman tersebut melalui cara berikut ini:
  1. Login Rapor Mutu Dikdasmen
    Klik pada tautan berikut : Login Rapor
  2. Isikan User dan Password akun Dapodik, kemudian tekan LOGIN
  3. Cek isian dengan melakukan klik pada: SANDING 2016 - 2017
  4. Untuk mengarsipkan SANDING 2016 - 2017 maka Admin Sekolah dapat mengunduh data tersebut dengan melakukan scrolling pada beranda ke bawah.
  5. Untuk mengetahui hasil CAPAIAN STANDAR - INDIKATOR - SUB pada tahun 2016, klik TAHUN 2016 di pojok kanan atas.
  6. Untuk mengarsipkan CAPAIAN STANDAR - INDIKATOR - SUB pada tahun 2016, maka Admin Sekolah dapat mengunduh data tersebut dengan melakukan scrolling pada beranda ke bawah.
  7. Untuk mengetahui hasil CAPAIAN STANDAR - INDIKATOR - SUB pada tahun 2017, klik TAHUN 2017 di pojok kanan atas.
  8. Untuk mengarsipkan CAPAIAN STANDAR - INDIKATOR - SUB pada tahun 2017, maka Admin Sekolah dapat mengunduh data tersebut dengan melakukan scrolling pada beranda ke bawah.
Silahkan Admin Sekolah mengarsipkan data tersebut untuk dapat digunakan sebagai bahan capaian Rapor Mutu Pendidikan di tiap-tiap satuan pendidikan masing-masing lembaga.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget