Link Alternatif Online DGHTK 2018

DGHTK, Link DGHTK

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya oleh Admin tentang Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018 - [Satuan Pendidikan], bahwa Aplikasi Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan terbaru versi 1.1 tahun 2017-2018 telah rilis. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya, dimana kita dapat menggunakan android sebagai media input data kehadiran guru dan tenaga kependidikan disekolah kita masing-masing. Aplikasi ini berfungsi untuk menghitung jumlah kehadiran guru dan nantinya akan dituangkan dalam juknis tunjangan profesi. Sehingga diharapkan agar memastikan input data Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) dengan benar.

Aplikasi ini terkait erat dengan proses percepatan pembayaran tunjangan profesi. Seperti yang telah dijelaskan dilaman resmi DHGTK (http://223.27.144.195:2017) bahwa: DHGTK ini dirancang untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi guru, dasar atau persyaratan untuk dapat menerima tunjangan profesi sesuai pasal 15 pp 19 tahun 2017. Semua persyaratan pada pasal tersebut dapat dipenuhi dari dapodik, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK ) No 50 tahun 2017 sebagai mana diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa yang menyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi paling lambat 7 hari setelah uang masuk kekasda dan SKTP terbit harus dibayarkan kepada guru, sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun yang terkait dengan penyaluran tunjangan kepada guru-guru lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, sangat dibutuhkan Peran dan Tanggung Jawab baik itu Kepala Sekolah atau Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus) dalam melaksanakan penginputan atau pengisian Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan. Bagi Guru yang berada di lingkup jenjang satuan pendidikan yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah, maka Kepala Sekolah dapat membuat Surat Penugasan untuk menetapkan Guru sebagai Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus). Simak: Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online


Link Alternatif Online DGHTK 2018

Untuk dapat mencatatkan kehadiran guru kedalam sistem, ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem :
  1. Login dengan userid kepala sekolah
  2. Login dengan userid operator dapodik
kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud.
Berikut beberapa Link Alternatif Online DGHTK 2018:
  1. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. http://223.27.144.195:212/
  3. http://223.27.144.195:2017/
  4. http://223.27.144.195:7000/
  5. http://223.27.144.195:414/
  6. http://223.27.144.196/
  7. http://223.27.153.195/
  8. http://118.98.166.188/
Setelah operator dapat membuka dengan salah satu link di atas sebagaimana tampilan disamping, operator dapat menyimak tentang Cara Mengisi Daftar Hadir Guru Secara Online di DHGTK 2018 - [Satuan Pendidikan]

Setelah berhasil login, jangan lupa operator satuan pendidikan untuk membuat template dalam menentukan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2018 sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

Dengan terisinya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan, Kepala Sekolah dapat melakukan proses penguncian sesuai dengan bulan dan proses penguncian dilakukan setelah bulan tersebut berjalan, proses ini dapat dilakukan guna pencetakan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) , Sebagai Bahan Catatan Untuk proses Cetak SPTJM:
  1. Isikan kevalidan Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada DHGTK Online.
  2. Pastikan proses pencetakannya perbulan pada pilihan bulan dengan tertanda sesuai dengan tanggal dan bulan berjalan.
  3. Pastikan proses kuncian pada DHGTK Online sesuai dengan keadaan rill di masing-masing lembaga.
  4. Jika sudah sesuai, maka lakukan pencetakan.
  5. Sehubungan dengan pencetakan bulan Januari apabila sudah sesuai dengan kondisi, maka Kepala Sekolah dapat melakukan proses Kunci DHGTK tersebut, untuk bulan Februari yang masih berjalan, diharap agar Kepala Sekolah dapat menunggu hingga proses tanggal pada bulan tersebut selesai.
  6. Apabila ada data yang kurang valid, selama belum melakukan proses pengkuncian, maka proses tersebut masih dapat dilakukan perubahan.
  7. Jika terjadi kesalahan, harap menghubungi Dinas Pengelola Tunjangan atau Pengelola SIMBAR.
Perlu di ingat, bahwa Proses Cetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak [SPTJM] DHGTK Online, adalah kepala Sekolah pada lembaga yang bersangkutan.


Semoga dengan adanya beberapa Link Alternatif Online DGHTK 2018 ini dapat memudahkan operator sekolah atau petugas yang ditunjuk dalam melakukan penginputan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan.

Reaksi:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget