Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online

Contoh SK Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ditjen GTK pada Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) bahwa DHGTK ini dirancang untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi guru, dasar atau persyaratan untuk dapat menerima tunjangan profesi sesuai pasal 15 pp 19 tahun 2017. Semua persyaratan pada pasal tersebut dapat dipenuhi dari dapodik, sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK ) No 50 tahun 2017 sebagai mana diubah dengan PMK 112/PMK.07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa yang menyatakan bahwa penyaluran tunjangan profesi paling lambat 7 hari setelah uang masuk kekasda dan SKTP terbit harus dibayarkan kepada guru, sehingga tidak ada alasan memperlambat penyaluran dengan meminta dokumen/berkas dalam bentuk apapun yang terkait dengan penyaluran tunjangan kepada guru-guru lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, sangat dibutuhkan Peran dan Tanggung Jawab baik itu Kepala Sekolah atau Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus).

Unduh Panduan Penggunaan Aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK)

Berikut Peran dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah atau Petugas Absen:
Kepala Sekolah
Kepala sekolah merupakan manajer di satuan pendidikan yang dipimpinnya, maka terkait dengan adanya Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) yang dikeluarkan oleh Dirgen GTK, maka kepala sekolah seharusnya segera untuk:
  1. Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah.
  2. Segera melakukan sosialisasi kepada para GTK di lingkungan satuan pendidikannya terkait dengan adanya absen online (DHGTK) yang berkaitan langsung dengan pemberi tunjangan profesi.
  3. Setiap bulan atau pertriwulan kepala sekolah mencetak SPJTM untuk mengunci kehadiran GTK.
  4. Melaksanakan pengisian DHGTK dengan sebenar-benarnya dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK.
  5. Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari.
Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus)
Peran dan tanggung jawab dari petugas absen adalah sebagai berikut :
  1. Segera melaksanakan tugas yang diberikan kepala sekolah sesuai dengan surat tugas yang diberikan.
  2. Mengisi daftar hadir GTK setiap hari dengan asas Kejujuran dan tanggung jawab.
  3. Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan GTK terkait proses pelaksanaan pengisin DHGTK.
  4. Memberikan laporan kepada kepala sekolah terkait dengan proses pelaksanaan dan pengisisn DHGTK
Bagi Guru yang berada di lingkup jenjang SD yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah sebagaimana point 1 (satu) pada Peran dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah, yakni: "Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah". Maka Kepala Sekolah membuat Surat Penugasan untuk menetapkan Guru sebagai Petugas Absen (Operator/Petugas Khusus).

Unduh Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online

Simak selengkapnya tentang Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online sebagai bahan referensi:



Semoga Contoh Surat Keputusan Kepala Sekolah Tentang Penunjukan Petugas Absen DHGTK Online ini dapat membantu Kepala Sekolah untuk mensukseskan pendataan di tahun pelajaran 2017/2018.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget