Panduan Singkat PPG Kemendikbud 2017

Panduang PPG 2017

Berdasarkan Surat Edaran Ditjen GTK Nomor: 32110/B.B4/GT/2017 tanggal 31 Oktober 2017 perihal tentang Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia, bahwa;


Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan pendataan calon peserta PPG bagi Guru Dalam Jabatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pasal 66 ayat (l) yang menyatakan bahwa bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-I/D-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan hormat kami mohon Saudara menyampaikan kepada guru yang belum memiliki Sertifikat Pendidik beberapa hal sebagai berikut:
  1. Guru calon peserta PPG Dalam Jabatan adalah guru yang memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Pemerintah 19 Tahun 2017 yaitu guru tetap dan memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV.
  2. Data calon peserta PPG Dalam Jabatan diambil dari data Dapodik per tanggal 31 Juli 2017. Data tersebut dimasukkan ke dalam aplikasi pendataan calon peserta PPG Dalam Jabatan.
  3. Guru melakukan konfirmasi kesediaan sebagai calon peserta PPG Dalam Jabatan ke dalam aplikasi melalui situs http://simpkb.id menggunakan akun individu masing-masing dan mengunggah pindai (scan) ijazah asli S-I/D-IV ke aplikasi pendataan tersebut. Informasi lengkap terkait proses pendataan dapat dibaca melalui situs tersebut.
  4. Guru harus  menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan bidang studi adalah linier dengan kualifikasi akademik S-I/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas bidang studi PPG dapat dilihat pada situs simpkb.
  5. Jadwal pendataan akan dimulai tanggal 1 November 2017 dan berakhir tanggal 20 November 2017.
Unduh: Surat Edaran


Berdasar Surat Edaran tersebut diatas, maka Kemendikbud mengeluarkan Panduan Singkat Tata Kelola Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Panduan tersebut meliputi beberapa bagian.

BAGIAN I
AJUAN PESERTA PPG


1.1 Cara Mendaftar sebagai Peserta Diklat PPG

Prog. Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan DIPRIORTITASKAN UNTUK GURU yang bertugas / mengajar tetapi BELUM MEMPUNYAI SERTIFIKAT Keahlian di bidang-tugasnya.



Segera cek melalui akun SIM PKB Anda untuk memastikan bahwa Anda termasuk dalam daftar Nominasi calon peserta program tersebut. Berikut langkah singkat untuk mendaftar sebagai peserta diklat PPG :
  1. Login pada layanan https://app.simpkb.id/
  2. Masukan username dan password login Anda.
  3. Jika berhasil login, sistem akan menyeleksi data GTK Anda berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apakah Anda termasuk dalam daftar Nominasi calon peserta program tersebut atau tidak.
  4. Bagi Anda yang masuk dalam kriteria peserta PPG, akan ditampilkan kotak dialog undangan sebagai peserta diklat PPG tersebut.
  5. Untuk mengajukan diri sebagai peserta diklat, klik tombol MENDAFTAR pada kotak dialog tersebut.
  6. Pada halaman baru yang muncul klik tombol MENDAFTAR SEKARANG.
  7. Selanjutnya, lengkapi data ajuan Anda pada halaman formulir pendaftaran. Pastikan data yang Anda isikan sesuai dengan Ijazah Anda.
  8. Cek kembali data yang Anda daftarkan, jika telah sesuai klik DAFTARKAN.
  9. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol CETAK BUKTI AJUAN untuk mencetak surat ajuan pendaftaran peserta PPG Anda.
  10. Selanjutnya, serahkan surat tersebut kepada LPMP Provinsi setempat untuk dilakukan verifikasi terhadap ajuan pendaftaran Anda.
  11. Pantau terus status ajuan Anda, pada halaman tersebut. Halaman tersebut dapat Anda akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru dari halaman Beranda akun GTK.
  12. Berikut contoh status ajuan PPG yang telah disetujui oleh Admin LPMP.
    Gambar 1. 10 Contoh tampilan status ajuan yang disetujui
  13. Sedangkan bagi ajuan kepesertaan yang ditolak oleh admin LPMP, juga akan ditampilkan status dan alasan penolakan ajuan tersebut pada halaman tersebut. 
  14. GTK yang ditolak ajuan kepesertaan PPG nya, dapat mengajukan kembali sebagai calon peserta Program PPG dengan cara klik tombol BATAL AJUAN yang muncul pada halaman status ajuan tersebut. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengulangi pengisian data ajuan kembali.
BAGIAN II
KELOLA AJUAN PPG OLEH ADMIN LPMP

2.1 Cetak Akun Institusi LPMP
Admin Kemendikbud dapat mencetak akun LPMP tiap-tiap provinsi dan mendistribusikannya, berikut langkah singkat cetak akun institusi LPMP Provinsi oleh admin Kemendikbud :

  1. Login pada layanan https://app.simpkb.id/
  2. Masukan username dan password login Anda.
  3. Selanjutnya, pilih menu AKUN INSTITUSI.
  4. Pada halaman Kelola Akun, tentukan terlebih dahulu jenis institusinya. Klik pada bagian jenis institusi.
  5. Pada kotak dialog yang muncul, pilih jenis Institusi LPMP.
  6. Anda akan ditampilkan daftar LPMP pada masing-masing Propinsi. Untuk mencetak akun institusi pada tiap-tiap LPMP Propinsi, klik tombol opsi.
  7. Pada kotak dialog yang muncul, klik YA untuk mengkonfirmasi
  8. Selanjutnya, cetak dan serahkan surat akun institusi tersebut kepada LPMP yang bersangkutan untuk digunakan login.
  9. Ulangi langkah diatas untuk mencetak akun institusi LPMP Propinsi yang lainnya.

2.2 Tambah Admin / Operator LPMP
Setelah Kemendikbud mendistribusikan akun institusi kepada masing-masing LPMP, selanjutnya pemegang akun institusi LPMP propinsi tersebut login pada layanan menggunakan surat akun yang diterimanya dan menambahkan admin/operator LPMP yang baru.
Berikut langkah singkat login sebagai admin institusi LPMP dan menambahkan admin/operator LPMP :
  1. Login pada layanan https://app.simpkb.id/
  2. Masukan username dan password login Anda sesuai dengan yang tertera pada surat akun institusi.
  3. Selanjutnya Anda akan ditampilkan halaman beranda, klik pada menu Akun Admin LPMP
  4. Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada halaman Kelola Admin Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Klik tombol tambah (+) untuk menambahkan admin LPMP.
  5. Selanjutnya isikan data akun yang akan ditambahkan, pada kolom peran set sebagai Operator LPMP.
  6. Pada dialog yang muncul, klik tombol CETAK untuk mencetak surat pemberitahuan layanan.
  7. Selanjutnya, serahkan surat cetak tersebut kepada operator yang bersangkutan untuk digunakan login atau melakukan aktivasi layanan.
  8. Ulangi langkah diatas untuk menambahkan operator LPMP lainnya.
2.3 Kelola Ajuan PPG oleh LPMP
Kelola ajuan PPG dilakukan oleh admin/operator LPMP, oleh karena itu masing-masing institusi LPMP wajib menambahkan operator LPMP (lihat bagian tambah admin/operator LPMP).

2.3.1 Login dan Aktivasi Layanan oleh Operator LPMP
Setelah admin institusi LPMP menambahkan operator LPMP, selanjutnya operator tersebut login dan melakukan aktivasi layanan. Berikut langkah singkat melakukan aktivasi layanan bagi operator LPMP :
  1. Login pada layanan https://app.simpkb.id/
  2. Masukan username dan password login Anda
  3. Selanjutnya, pada pojok kanan atas klik pada nama Anda dan klik Pilih Instansi.
  4. Selanjutnya pada kotak dialog yang muncul pilih LPMP yang sesuai dg surat pemberitahuan layanan.
  5. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman aktivasi layanan, masukan kode aktivasi (token) yang tertera pada surat pemberitahuan layanan kedalam kolom Token dan SIMPAN.
  6. Aktivasi layanan berhasil dilakukan.
*) Catatan : Bagi akun/email yang belum pernah ditambahkan pada layanan https://app.simpkb.id/ tidak perlu melakukan aktivasi layanan, cukup langsung login menggunakan surat akun yang diterimanya.

2.3.2 Persetujuan Ajuan PPG
Untuk melakukan persetujuan ajuan PPG, ikuti langkah berikut :
  1. Pada halaman beranda operator LPMP, pilih menu Kelola Ajuan PPG.
  2. Selanjutnya Anda akan ditampilkan halaman Kelola Ajuan PPG. Pada halaman tersebut terdapat daftar ajuan yang ditujukan ke instansi Anda.
  3. Untuk menyetujui ajuan PPG, pilih ajuan yang diinginkan dan klik tombol VERIFIKASI FORMULIR.
  4. Cek data ajuan, untuk menyetujui ajuan tersebut, centang YA pada kolom persetujuan, jika telah sesuai klik LANJUT.
  5. Cek kembali hasil verifikasi tersebut, jika telah sesuai klik SIMPAN.
  6. Ajuan pendaftaran PPG berhasil disetujui. Ulangi langkah diatas untuk menyetujui ajuan peserta lainnya.
2.3.3 Penolakan Ajuan PPG
Untuk melakukan penolakan ajuan PPG, ikuti langkah berikut :
  1. Pada halaman beranda operator LPMP, pilih menu Kelola Ajuan PPG.
  2. Selanjutnya Anda akan ditampilkan halaman Kelola Ajuan PPG. Pada halaman tersebut terdapat daftar ajuan yang ditujukan ke instansi Anda.
  3. Untuk melakukan penolakan ajuan PPG, pilih ajuan dan klik tombol VERIFIKASI FORMULIR.
  4. Pada halaman data ajuan, centang pilihan TIDAK pada kolom persetujuan, pastikan juga Anda mengisikan alasan penolakan ajuan PPG tersebut. Jika telah sesuai klik LANJUT.
  5. Cek kembali hasil verifikasi Anda, jika telah sesuai klikk SIMPAN.
  6. Penolakan ajuan PPG tersebut berhasil di simpan. Ulangi langkah diatas untuk melakukan penolakan ajuan PPG lainnya.
2.3.4 Batal Setujui atau Batal Tolak Ajuan PPG
Bagi operator LPMP yang hendak membatalkan persetujuan ataupun batal penolakan ajuan PPG karena salah verifikasi atau lain hal, silakan ikuti langkah singkat berikut :
  1. Untuk melakukan batal persetujuan ajuan PPG, silakan klik tombol opsi pada ajuan yang telah disetujui dan pilih opsi menu Batal Setujui Ajuan.
  2. Sedangkan untuk melakukan batal penolakan ajuan PPG, silakan klik tombol opsi pada ajuan yang telah ditolak dan pilih opsi menu Batal Tolak Ajuan.
  3. Lakukan langkah diatas untuk batal setujui atau batal tolak ajuan lainnya.
2.3.5 Unduh Daftar Ajuan PPG
Untuk unduh daftar ajuan PPG, baik yang belum dilakukan verfikasi maupun yang telah dilakukan verifikasi, silakan ikuti langkah singkat berikut :
  1. Pada halaman beranda operator LPMP, pilih menu Kelola Ajuan PPG.
  2. Selanjutnya Anda akan ditampilkan halaman Kelola Ajuan PPG. Pada halaman tersebut terdapat daftar ajuan yang ditujukan ke instansi Anda. Pada kolom Daftar Ajuan PPG, klik tombol unduh.
  3. File hasil unduh berupa file dengan format excel (*.xls). Berikut contoh file hasil unduh tersebut.
    Gambar 2. 33 Contoh file hasil unduh data ajuan PPG
Untuk lebih jelasnya mengenai Panduan Singkat PPG Kemendikbud 2017, dapat di unduh pada : TATA KELOLA AJUAN PPG

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget