Pemanfaatan Dapodik Helper Bagi Operator Sekolah

Dapodik Helper

Tentang Dapodik Helper

Sumber Dapodik helper ini adalah : http://dapodikhelper.blogspot.co.id/.
Pada peruntukannya, Dapodik helper diciptakan dengan tujuan untuk melengkapi aplikasi DAPODIK yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terutama untuk fungsi-fungsi yang belum disediakan oleh aplikasi yang resmi tersebut.


Download Aplikasi Dapodik Helper
Sebagaimana sumber link di atas, Aplikasi Dapodik Helper sudah memasuki tahap Versi 2.9, sebagai sumber akhir informasi tentang rilisnya aplikasi yang telah dikeluarkan oleh pihak pengembang. Bagi Operator sekolah yang sudah mempunyai Aplikasi Dapodik Helper hanya tinggal melakukan Update Versi saja, namun bagaimana dengan yang belum?
Berikut ulasan singkatnya:

  1. Download Aplikasi DH terlebih dahulu di tautan berikut:
    Unduh
  2. Buka Aplikasi Dapodikdasmen.
  3. Klik kanan pada file hasil installer hasil download.
  4. Pilih Run as Administrator.
  5. Pilih : I accept the agreement
    Klik : Next
    Klik : Create a dekstop shortcut [kemudian] Klik : Next
    Klik : Install
    Tunggu proses instalasi berjalan.
    Klik : Finish
  6. Pilih Multi Jenjang.
    Dapodikdasmen atau Dapodik PAUDNI
    Klik : Pilih


Setelah proses instalasi selesai, maka akan ada shortcut pada layar dekstop. Tekan dan Klik Kanan, pilih Run as Administrator. Setelah tampilan layar seperti gambar disamping, langkah selanjutnya, arahkan kursor dan pilih Autentikasi.
Masukkan Username dan Password Dapodik.
Tekan Login.
Dengan demikian proses dianggap selesai.





Peraturan Penggunaan
Seperti apa yang telah di sematkan pada Dapodik Helper mengenai Peraturan Penggunaan, bahwa DH bukan merupakan bagian dari aplikasi DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan menggunakan DH pengguna setuju akan segala resiko yang mungkin ditimbulkan atas penggunaan aplikasi ini.

Pengguna DH dapat menggunakan semua fitur yang disediakan tanpa adanya pungutan biaya apapun. Pengembang melarang keras atas semua transaksi dalam bentuk apapun dalam rangka distribusi DH ke orang lain dengan meminta biaya atau imbalan berapapun nominalnya.

DH tidak pernah melakukan afiliasi dengan siapapun atau pihak manapun dengan alasan apapun.

DH akan selalu berdiri sendiri untuk tujuan independensi dan bebas dari pengaruh birokrasi agar kualitas aplikasi tetap terjaga tanpa adanya campur tangan tim atau individu yang mempunyai kepentingan pribadi.


Untuk itu, mari kita gunakan aplikasi DH ini dengan bijak.

Pemanfaatan Dapodik Helper
Dengan sebegitu banyaknya manfaat yang terdapat pada Dapodik Helper ini, maka cukup Admin hanya menjelaskan 1 (satu) manfaat saja tentang manfaat DH tersebut. Salah satunya yaitu : Pemanfaat Dapodik Helper sebagai sarana Cetak Kartu NISN.
Dalam Cetak Kartu NISN ini, Operator dapat mencetak secara langsung atau sebagian sesuai dengan apa yang dibutuhkan. yaitu dengan memilih satu atau keseluruhan dengan mengeblock data Peserta Didik, selanjutnya dengan mengklik kanan dilanjutkan dengan memilih Kartu NISN, maka proses cetak kartu NISN sudah terbentuk, Operator dapat mencetak data tersebut secara langsung atau dapat menyimpannya berupa file pdf.

Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi tautan berikut sesuai dengan sumber dasar pada Aplikasi Dapodik Helper. http://dapodikhelper.blogspot.co.id/

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget