Pedoman Pelaksanaan PKG

PKG

Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

PK GURU dilaksanakan secara teratur setiap tahun diawali dengan penilaian formatif di awal tahun dan penilaian sumatif di akhir tahun dengan memperhatikan : a). Obyektif. b). Adil. c). Akuntabel. d). Bermanfaat. e). Transparan. f). Praktis. g). Berorientasi pada tujuan. h). Berorientasi pada proses. i). Berkelanjutan. j). Rahasia.

Simak juga Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru pada :

Waktu Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
Penilaian Kinerja Guru (PKG) dilaksanakan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada awal tahun ajaran (penilaian formatif) dan akhir tahun ajaran (penilaian sumatif).
  1. PK Guru Formatif 
    PK GURU formatif digunakan untuk menyusun profil kinerja guru dan harus dilaksanakan dalam kurun waktu 6 (enam) minggu di awal tahun ajaran.
  2. PK Guru Sumatif 
    PK GURU sumatif digunakan untuk menetapkan perolahan angka kredit guru pada tahun tersebut. PK GURU sumatif juga digunakan untuk menganalisis kemajuan yang dicapai guru dalam pelaksanaan PKB, baik bagi guru yang nilainya masih di bawah standar, telah mencapai standar, atau melebihi standar kompetensi yang ditetapkan. PK Guru sumatif harus sudah dilaksanakan 6 (enam) minggu sebelum penetapan angka kredit seorang guru.
Simak juga : Aplikasi PKG

Prosedur Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru
Secara umum kegiatan penilaian PK GURU di tingkat sekolah dilaksanakan dalam 4 (empat) tahapan.
  1. Tahap Persiapan.
  2. Tahap Pelaksanaan.
    Sebelum asessor menetapkan penilaian untuk setiap kompetensi, maka penilai atau assesor melaksanakan kegiatan pengamatan.
    a). Sebelum pengamatan.
    b). Selama pengamatan.
    c). Setelah pengamatan.
    d). Pemantauan.
  3. Tahap Pemberian Nilai.
  4. Tahap Pelaporan

Untuk lebih jelasnya mengenai Buku 2, tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKB), silahkan unduh di sini : Buku 2.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget