Juknis Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2017

Juknis Sertifikasi

Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon yang dikemas pada Buku 2 ini, merupakan hasil revisi dari Buku Petunjuk Teknis Tahun 2016 yang berisi tentang rasional dan dasar hukum dan juga tentang prosedur pelaksanaan sertifikasi guru melalui pendidikan dan latihan profesi guru serta deskripsi tugas masing-masing institusi yang terkait dengan sertifikasi guru.

Buku 2 hasil revisi Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru disusun dengan tujuan untuk memberikan acuan kepada instansi terkait penyelenggaraan sertifikasi guru, yaitu Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru/Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, guru peserta sertifikasi, dan pihak-pihak lain yang terkait agar memperoleh kesamaan persepsi dan prosedur penyelenggaraannya di lapangan.

Terdapat sedikit perbedaan antara Buku 1 (Pedoman Penetapan Peserta) dan Buku 2 (Petunjuk Teknis Pelaksanaan) pada BAB II Alur Sertifikasi Guru, yaitu Penjelasan Alur Sertifikasi Bagi Guru Nomor 1 point b. Dinyatakan pada Buku 1 skor minimal UKG Tahun 2015 adalah 55 namun pada Buku 2 skor minimal adalah 60. Semoga dengan perbedaan ini dapat disikapi dengan bijak oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten atau kota.
Pada tahun 2017 ini dilakukan penyempurnaan kurikulum, antara lain dengan memasukkan pembekalan peserta dalam bentuk belajar mandiri di bawah bimbingan mentor atau widya iswara ke dalam struktur kurikulum PLPG dan perubahan jumlah jam pelajaran (JP) untuk pendalaman materi, sehingga dengan perubahan ini diharapkan diperoleh guru yang memiliki kompetensi yang tinggi sesuai dengan tuntutan sebagai guru profesional.

Untuk lebih jelas dan gamblang mengenai Buku 2 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon dan Subrayon, silahkan unduh di tautan berikut ini : Buku 2, Semoga bermanfaat.

Simak Juga Buku 1 tentang Pedoman Penetapan Peserta Serttifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2017
Simak Juga Buku 3 tentang Rambu-rambu Pendidikan PLPG.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget