Tarik Peserta Didik Baru [TK/PAUD ke Jenjang SD] Secara Online Pada Dapodik V 2018

Tarik Peserta Didik Dapodikdas


Dengan dirilisnya DAPODIK PAUD DAN DIKMAS maka akan lebih memudahkan Operator Sekolah jenjang SD dalam melakukan proses penginputan atau proses pindah data siswa ke sekolah tujuan, karena nantinya data siswa yang berasal dari TK ataupun PAUD akan masuk secara otomatis pada aplikasi dapodikdas.

Namun perlu kita pahami dalam melakukan tarik peserta didik TK atau PAUD, diantaranya :
  1. Lembaga TK atau PAUD yang terdata pada DAPODIK PAUD DAN DIKMAS.
  2. Operator Sekolah jenjang SD tidak perlu lagi menunggu Operator Sekolah jenjang PAUD atau DIKMAS memutasikan atau meluluskan dari sekolah asal.
  3. Peserta Didik Baru jenjang TK atau PAUD yang dapat di tarik adalah Peserta Didik yang terdaftar pada lembaga sesuai dengan proses penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2017/2018.
  4. Bagi Siswa jenjang TK atau PAUD yang tidak terdata dalam DAPODIK PAUD DAN DIKMAS, maka proses penginputannya dengan melakukan proses manual.
Tarik Peserta Didik Online ini, selain mengurangi kekeliruan input data dapat juga mengurangi beban kerja operator sekolah, manakala proses penginputannya dilakukan secara manual. Berikut langkah-langkah dalam melakukan proses penarikan data Peserta Didik Online :
  1. Silahkan buka link berikut : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  2. Klik tombol Login dan pilih Operator Sekolah.
  3. Masukkan Username dan Password. Kemudian ;
  4. Tekan Enter atau tanda arah kanan berwarna merah.
  5. Klik tombol Tarik Peserta Didik pada menu yang terdapat di sidebar sebelah kiri.
  6. Masukkan data Siswa Sekolah Asal.
  7. Pada Pilihan Jenis, pilih Siswa Baru.
  8. Untuk Propinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Sekolah, menyesuaikan dengan data siswa yang akan di tarik.
  9. Tuliskan Nama Siswa pada tabel peserta didik dan kemudian, tekan "CARI PESERTA DIDIK".
  10. Setelah berhasil menemukan data peserta didik tersebut, maka langkah selanjutnya adalah menekan tanda panah berwarna biru pada tabel konfirmasi.
  11. Setelah berhasil menekan tombol konfirmasi tersebut, maka layar pada dekstop akan kembali seperti semula saat akan mencari siswa yang akan di tarik.
  12. Langkah terakhir adalah melakukan proses sinkronisasi aplikasi dapodikdas sekolah, maka secara otomatis data siswa baru tersebut akan terinput di aplikasi dapodikdas.
Demikian langkah-langkah dalam melakukan tarik peserta didik baru pada aplikasi dapodikdas, semoga bermanfaat dalam meringankan beban kerja operator sekolah dalam melakukan penginputan.

Reaksi:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget