Referensi Jadwal K13 dan KTSP Dengan 6 Rombel

Jadwal K13

Jadwal Pelajaran K13 dan KTSP, bagi lembaga yang hanya mempunyai 6 (enam) rombel ini dapat digunakan sebagai referensi saja. Acuan pada K13 memang sepenuhnya mengacu pada TEMATIK yang berlandaskan pada Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, dan untuk KTSP mengacu pada Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 pada Standar Isi, Bab II Kerangka dan Struktur Kurikulum.

Untuk K13, pada pembagiannya, meskipun masih bertumpu pada patokan jam pelajarannya, namun tetap menggunakan struktur tematik. Ini Berdasarkan kompetensi inti disusun matapelajaran dan alokasi waktu yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan. Susunan matapelajaran dan alokasi waktu untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah sebagaimana tabel berikut.

Namun setelah melihat lebih detail, terdapat selisih jumlah pada tabel tersebut di atas :

Berikut Keterangan Struktur Kurikulum pada point B. Mata Pelajaran yang sesuai dengan Permendikbud 67 Tahun 2013 :
  • Matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah.
  • Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah antara lain Pramuka (Wajib), Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
  • Kegiatan ekstra kurikuler seperti Pramuka (terutama), Unit Kesehatan Sekolah, Palang Merah Remaja, dan yang lainnya adalah dalam rangka mendukung pembentukan kompetensi sikap sosial peserta didik, terutamanya adalah sikap peduli. Disamping itu juga dapat dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam usaha memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian kegiatan ekstra kurikuler ini dapat dirancang sebagai pendukung kegiatan kurikuler.
  • Matapelajaran Kelompok A adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Matapelajaran Kelompok B yang terdiri atas matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan adalah kelompok matapelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
  • Bahasa Daerah sebagai muatan lokal dapat diajarkan secara terintegrasi dengan matapelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila daerah merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut.
  • Sebagai pembelajaran tematik terpadu, angka jumlah jam pelajaran per minggu untuk tiap matapelajaran adalah relatif. Guru dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan peserta didik dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  • Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  • Khusus untuk matapelajaran Pendidikan Agama di Madrasah Ibtidaiyah dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.
  • Pembelajaran Tematik-Terpadu.
Meski ada sedikit saja perbedaan pada jumlah, namun kita tetap harus dapat mengembangkan dan menyesuaikan dengan aturan yang ada.

Berikut referesni Jadwal Pelajaran K13 dan KTSP yang dapat di unduh di tautan berikut INI.
*) Sesuaikan dengan kondisi lembaga yang ada baik itu jam tambahannya pada kegiatan Mulok, Ekstra atau pada Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
*) Jika ingin merubah jadwal sesuai dengan subtema, maka bapak/ibu guru kelas yang mengajar tematik, hanya merubah pada tulisan yang bertanda kotak merah, maka semuanya akan berubah sesuai dengan subtema yang ada. Lihat gambar di bawah ini.
Semoga dapat membantu bapak ibu dalam menyusun jadwal pelajaran, dan mohon saran apabila ada ketidaksesuain dalam penyusunan jadwal tersebut.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget