Download Kuesioner Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang SMP Tahun 2017

Kuesioner Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang SMP Tahun 2017

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Tingkat Sekolah Dasar terdiri atas panduan umum, kuesioner pemetaan, petunjuk teknis pengisian kuesioner pemetaan, formulir data pokok pendidikan dan rapor peta mutu pendidikan. Kelima dokumen ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Berikut 8 (delapan) komponen tersebut yang disusun oleh BNSP.
  1. Kompetensi Lulusan.
  2. Isi Pendidikan.
  3. Proses Pembelajaran.
  4. Penilaian Pendidikan.
  5. Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  6. Sarana dan Prasarana.
  7. Pengelolaan.
  8. Pembiayaan.

Dalam pengisian Kuesioner Pemetaan dijelaskan bahwa ;
  1. Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.
  2. Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelahnya.
  3. Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen
  4. Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.
  5. Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Pemberian jawaban untuk pilihan angka dilakukan dengan memilih salah satu angka, untuk pilihan bertanda O dilakukan dengan menyilang (Xsalah satu tanda dan untuk pilihan bertanda dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda
Yang wajib mengisi Kuesioner Pemetaan Mutu Sekolah Dasar adalah ;
  1. Kepala Sekolah.
  2. Pengawas Pembina.
  3. Guru Mata Pelajaran.
  4. Perwakilan Siswa dari mulai siswa kelas 7 (tujuh) hingga kelas 9 (sembilan).
  5. Perwakilan Komite Sekolah, dan.
  6. Perwakilan Orang Tua Siswa.
Setelah mengisi Kuesioner Pemetaan Mutu Sekolah tersebut, maka tugas selanjutnya adalah menginputkan isian tersebut ke dalam Aplikasi PMP. Setelah semua terpenuhi, maka operator sekolah dapat melakukan pengiriman.

Berikut Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Jenjang SD Tahun 2017 yang dapat di unduh di SINI.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget